Selasa, 04 April 2017

Pengobatan Untuk Ayam Bangkok Yang Berat Berdarah


Pengobatan Herbal/Alami Ayam Bangkok Berak Darah
1. Penyediaan patikan jamu atau kukon-kukon (Jawa) akan mempercepat proses penyembuhan. Kandungan herbal dan vitamin yang terkandung dalam pastikan atau kukon-kukon akan membantu pemberantasan mikroorganisme patogen lainnya (infeksi sekunder) pada unggas dan vitamin konten akan mempercepat proses penyembuhan dan meningkatkan unggas kekebalan.
2. Penyediaan sayuran seperti bayam mengandung vitamin A dan K sangat diperlukan untuk meningkatkan mukosa usus sel yang rusak dan menghentikan pendarahan.

Sekilas Herbal Patikan atau Kukon
Salah satu tanaman yang dapat digunakan sebagai obat alternatif untuk mengatasi disentri adalah patikan (Euphorbia hirta L). Tanaman ini dapat ditemukan di berbagai daerah di Indonesia yang memiliki banyak nama. Antara lain: kukon-kukon, patikan (Jawa), kak skakmat (Madura), daun kacang (Melayu), susu gelang, membawa anak-anak (Jakarta), nanangkaan (Sunda), sosononga (Halmahera), masalah Mabi (Ternate) dan isu gibi (Tidore).

pemberian obat herbal patikan signifikan meningkatkan jumlah eritrosit, kadar hemoglobin dan nilai hematokrit, baik dalam perasaan bentuk sediaan, infus atau ekstrak. Kesimpulan ini didapat dari temuan Kedokteran Hewan Research Institute.

Dalam percobaan yang digunakan 24 broiler jantan dipelihara jenis Hubbard sejak usia satu hari sampai tiga minggu. Setelah itu, setiap 5.000 ayam yang terinfeksi Eimeria tenella ookista yang memiliki sporulasi dengan menggunakan kaca jarum suntik tumpul.

Hasil penelitian membuktikan bahwa patikan tanaman dapat meminimalkan pendarahan yang dihasilkan dari infeksi Eimeria tenella. Hal ini diduga karena tanaman ini mengandung beberapa zat aktif yang bertindak untuk meminimalkan pendarahan di sabung ayam online.

zat kimia yang terkandung di dalamnya, antara lain: flavanoida, tannin, beta Amiris, asam elogik, querstrim, diterpenoida dan triterpenoida. Flavanoida dapat menurunkan permeabilitas kapiler darah, sehingga kerusakan dapat dicegah atau darah kapiler dapat ditingkatkan, dan nutrisi dan oksigen (untuk mendukung penyembuhan) dapat diberikan melalui kapiler. Selain itu, flavonoid yang antithrombik dapat membentuk sumbat trombosit, sehingga untuk menutup luka kecil pada pembuluh darah. tanin menengah berkhasiat sebagai antiseptik (mencegah pertumbuhan bakteri) dan hemostatik (berhenti pendarahan).

Sementara itu, asam elogik juga dapat mengontrol kerusakan kapiler dan berperan dalam proses pembekuan darah. Rata-rata diterpenoida dan triterpenoida berkhasiat sebagai anti-inflamasi (peradangan). Dalam kasus disentri biasanya disertai dengan gejala diare disertai dehidrasi. Dengan memberikan patikan ini, maka gejala-gejala tersebut dapat diatasi karena tanaman ini mengandung quersitrin yang dapat melemahkan kontraksi usus, tetapi tidak mengubah transportasi fluida di mukosa usus.

Pencegahan
Untuk pencegahan dapat dilakukan dengan cara berikut:
1. Apakah penyiraman lantai kandang dengan air panas 100 ° C
2. Sanitasi dan ventilasi kandang harus baik.
3. Lantai kandang air pakai dicuci untuk menghilangkan kotoran, mencuci dengan deterjen tahap kedua.
4. ditaburi bubuk kapur di kandang.

Kontrol
Mengontrol koksidiosis pada ayam, terutama ayam sabung umumnya dilakukan dengan pemeliharaan kebersihan, penyediaan koksidiostat dicampur dalam makanan atau air minum, dan penggunaan vaksin coccidia. Mengontrol koksidiosis dengan pemberian koksidiostat harus mengikuti cara dan langkah yang telah ditentukan tidak ada efek samping.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar